#5 Curhat Fresh Graduate: CPNS Kemenkes 2013

Ceritanya udah sampe session 5, hihihi… Kali ini saya mau cerita soal perjuangan mengikuti tes CPNS Kemenkes 2013, sebelumnya saya juga pernah cerita di session ini yang udah nyerempet-nyerempet soal CPNS Kemenkes. Pokoknya penuh lika liku deh, susah banget dari mulai ijazah yang nggak keluar-keluar, nunggu pengumuman tahap per tahap yang luaaaama minta ampun, sampe berurusan ma petugas centil juga ibu-ibu hamil, lucu pokoknya 😀 . Sebenarnya saya males sih ma prosesnya yang belibet itu, tapi mau gimana lagi mama saya pengen banget saya nyoba CPNS, syukur-syukur kalau keterima beliau seneng banget lah pastinya.

Sebagai gambaran buat yang mau ikut CPNS Kemenkes, nih dokumen-dokumen yang mesti disiapkan:

  1. Print out registrasi on-line  yang telah ditandatangani pelamar dan ditempel pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6, jadi daftar onlen dulu di sini, tinggal klik aja link pendaftaran di websitenya, ini ada masa pendaftarannya ya, kalau untuk tahun 2013 mulai 23-27 September 2013, bisa buat perkiraan buat yang mau ikut rekrutmen selanjutnya. Sering-sering aja buka situsnya mulai bulan Agustus lah 😀
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Fotokopi Ijazah pendidikan terakhir sesuai posisi yang dilamar (D.I/D.III/D.IV/S1/S2) yang telah dilegalisir, tidak bisa memakai Surat Keterangan Lulus. 
  4. Fotokopi transkrip nilai pendidikan terakhir yang telah dilegalisir.
  5. Fotokopi sertifikat akreditasi program studi dari BAN-PT atau dari Badan PPSDM Kesehatan Kemenkes atau surat keterangan menyatakan bahwa program studi pendidikan tinggi terakreditasi minimal B yang telah disahkan (tidak perlu dilegalisir). Saya sih ini minta di Fakultas 😀
  6. Asli Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani terbaru yang dikeluarkan oleh Dokter Pemerintah antara lain di Puskesmas/RSUD/RSUP/RS TNI-Polri yang memiliki izin praktik. Bagi pelamar Disabilitas Tuna Daksa (cacat kaki) harus dicantumkan keterangan jenis kecacatannya.
  7. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku pada saat registrasi on-line dan telah dilegalisir. Ini bikinnya di kepolisian setempat, prosedurnya bisa ditanyakan langsung soalnya tiap daerah kadang agak sedikit beda.
  8. Beberapa surat pernyataan yang harus diisi dan ditandatangi di atas materai 6000, format suratnya tinggal download aja di situsnya.
  9. Karena saya Apoteker jadi melampirkan fotokopi STRA (yang masih berlaku) tidak perlu dilegalisir. Proses mengurus STRA ini bisa dilihat di sini.

Semua dokumennya dimasukkan ke map dengan warna sesuai posisi yang dilamar. Waktu saya melamar itu ya nyari map hijau susah banget, nyari materai juga susah minta ampun, jadi siapin stok aja 😀 . Map-nya dimasukin amplop cokelat tertutup terus dikirim ke panitia (alamat bisa dilihat di situs sesuai daerah peminatan).

Formasi untuk posisi apoteker tahun 2013 tidak terlalu banyak, tadinya saya mau memilih daerah peminatan Jawa Barat tapi hanya ada 2 posisi untuk di RSHS. Di provinsi tertentu malah tidak ada sama sekali formasi untuk apoteker. Daerah Jawa Timur hanya 1 posisi. Akhirnya saya memilih posisi administrator kesehatan untuk kantor pusat di Jakarta, jadilah seluruh rangkaian tes mesti saya jalani di Jakarta.

Akhirnya setelah semua berkas saya kirim, sebulan kemudian pengumuman lolos administrasi diumumkan. Harus sering ngecek webnya ya soalnya kalau kelewatan ya bablas kesempatannya 😀 . Dan ternyata saya lulus administrasi (alhamdulillah), habis itu disuruh ngambil kartu peserta tanggal 29 Oktober 2013 di Jakarta (tempat dicantumkan di pengumuman). Tes tulisnya sendiri akan dilaksanakan tanggal 3 November 2013 yang terdiri dari TKD dan TKB.

Eh malah ada kejutan lain dong ya, tiba-tiba saya mendapat email panggilan interview dari penerbit buat posisi editor yang pernah saya ceritakan di sini. Saya diminta interview tanggal 29 Oktober 2013, bentrok dengan jadwal pengambilan kartu peserta tes CPNS, mana penerbitnya di Jakarta Utara sedangkan ngambil kartu di Jakarta Selatan. Waduuuuh. Ya sudah saya minta rubah jadwal ke tanggal 30 Oktober 2013, tapi sampe tanggal 29 Oktober belum juga ada balesan. Ya sudah deh mungkin bukan rejeki saya di situ 😦

Ngambil kartu peserta jangan lupa siapin print out registrasi, fotokopi ijazah ma transkrip nilai yang dilegalisir, pas foto 3×4 (2 lembar) dan ukuran 2R (1 lembar). Nah waktu itu saya nggak tahu harus bawa foto 2R (kalau 2×3, 3×4, 4×6 sih saya selalu sedia segepok di dompet 😀 ), akhirnya harus cetak dulu kan. Tempat cetak di sekitar situ cuma ada 1 lagi, ngantrinya naudzubillah sampe desek-desekan. Pas saya ngantri ada 2 ibu hamil gitu, kasian banget udah sesak kegencet-gencet malah sempet kesikut perutnya, akhirnya saya tolongin aja ngantri. Nggak tega liatnya, jadinya mereka nunggu di depan tempat cetak. Pas ngambil kartu diantara ibu hamil saya jadi ngerasa bocah banget 😀 , soalnya larak-lirik kebanyakan yang ngikut CPNS Kemenkes ini angkatan lama sekitar 2005-an gitu.

Habis ngantri cetak foto mesti ngantri lagi buat ngambil kartu (dikasih nomor antrian).

kartu cpns

Akhirnya bisa dapet kartu juga setelah ngantri berjam-jam. Foto paling kanan itu hasil cetak 2R yang saya scan dari foto 4×6 soalnya nggak bawa file, hasilnya pucet kayak mayat 😦

Eh pas abis ngambil kartu, sore-sore gitu ditelpon lagi ma penerbit waktu itu, disuruh interview tanggal 2 November, waduuuuuuuh. Besoknya kan CPNS jadi saya pikir bakal capek banget, akhirnya saya tolak. HRD-nya nanya lagi kapan saya bisa interview. Saya nggak bisa nentuin waktu itu, akhirnya HRD nyuruh saya nelpon kapanpun saya bisa interview. WOW banget deh.

Akhirnya tanggal 3 November dateng juga, saya biasa aja sih waktu itu, tenang gitu soalnya kalau nervous malah ntar nggak bisa konsen. Tempat tesnya di senayan, saya dateng pagi dong biar dapet tempat duduk yang enak. Yang harus dibawa papan alas, pensil 2B, penghapus, bolpoin, kartu peserta. Jangan lupa bawa makanan dan minum soalnya tes lumayan lama, laper loh. Nanti ada istirahat jeda antara tes TKD ma TKB sekitar 1 jam tapi nggak boleh keluar tempat tes jadi nggak bisa jajan 😀 .

Pas tes CPNS, samping saya ternyata anak Unair juga, anak FKM, hahaha… Dunia sempit. Tapi saya baru kenal saat itu sih soalnya itu angkatan 2006.

senayan

Suasana Senayan saat itu. Rameee 😀

peta

Peta senayan-nya. Saya kebagian di selatan alias bawah foto 😀

Tesnya ada 2 sesi yaitu tes TKD yang isinya setipe lah ma soal-soal yang ada di buku latihan CPNS, ada wawasan kebangsaan (aaaah saya nggak bisa bagian ini 😦 cuma ngandelin feeling 😀 ), dan nggak ada soal bahasa Inggris-nya, jumlah soalnya lupa, banyak pokoknya waktunya 2 jam.

Selesai TKD, istirahat dulu 1 jam, lanjut TKB 100 apa 120 soal gitu waktunya 90 menit kalau nggak salah, soalnya tentang Kemenkes (pelajari di web-nya aja), masalah kesehatan, BPJS, dan berita-berita kesehatan yang lagi happening gitu. Hmm…lumayan sih ada yang gampang ada yang susah. Hehehe….

Selesai deh tes tulis CPNS. Awalnya pengumuman kelulusan itu tanggal 3 Desember terus lanjut interview tanggal 12 Desember, eh sampai hari ini belum ada pengumuman, katanya diundur sampai tanggal 24 Desember. Entahlah 😦

Intinya kalau ikut tes CPNS mesti mau ribet nyiapin dokumen, ribet ngikutin prosedur yang njilmet dan panjang, terus selain itu harus sabaaaaaaaaaaaar soalnya pengumuman dari tahap ke tahapnya lama banget.

penampakan cpns

Saya saat tes CPNS, agak pucet soalnya lagi capek ma nggak enak badan. Tips: kalau mau tes tulis pake baju yang simple, nyaman, dan nyerap keringat biar enak ngerjain soalnya.

58 thoughts on “#5 Curhat Fresh Graduate: CPNS Kemenkes 2013

  1. Pingback: #6 Curhat Fresh Graduate: Rekrutmen Askes 2013 | Under The Rain

  2. sma aq jg gk lolos TKD, q iqt thn 2009, dan emg soalnya susah bget kyk iqt tes STAN aj. ya namanya jg bkn rejeki, dan di thn yg sama lolos cpnsd, ya wlupun gk sgede gji kemenkes, disyukuri lah ya..hehe

  3. Halo kak, suka baca cerita strugglingnya fresh graduate 🙂 untuk lowongan kerja CPNS Kemenkes itu ada setiap tahun atau ada periodenya? Trus biasanya selalu bulan Agustus gitu ya?

Leave a Reply

