[REVIEW] The Hunger Games: Catching Fire

Catching fire poster The Hunger Games: Catching Fire (2013)

146 min – Action | Adventure | Sci-Fi – 22 November 2013 (Indonesia)

IMDB rating: 8,1/10
Reviews: 45 user | 147 critic | 44 from Metacritic.com

Katniss Everdeen and Peeta Mellark become targets of the Capitol after their victory in the 74th Hunger Games sparks a rebellion in the Districts of Panem.

Director: Francis Lawrence
Writers: Simon Beaufoy (screenplay), Michael Arndt (screenplay),

Stars: Jennifer Lawrence, Josh Hutcherson, Liam Hemsworth

Remember who the enemy is…

Hampir 4 bulan saya tidak pernah ke bioskop, kemarin tiba-tiba tergerak untuk nonton The Hunger Games: Catching Fire. 🙂

Film ini merupakan lanjutan dari film pertama yaitu The Hunger Games yang diangkat dari seri novel Suzanne Collins. Saat menonton film yang pertama saya belum baca novelnya, setelah menonton film pertama itu barulah saya membaca seluruh seri novelnya. Secara keseluruhan film pertama cukup mewakili novelnya, saya suka dengan penggambaran suasana Hunger Games di film pertama.

Saya sedikit kecewa setelah menonton Catching Fire, beberapa scene terlalu lambat dan terasa membosankan, entah ini efek telah membaca novelnya atau karena scene di arena Hunger Games yang menegangkan yang lebih sedikit dari film pertama. Tapi secara keseluruhan, Jeniffer Lawrence mampu menguras emosi saya sepanjang film ini. Dan saya merasa sedikit terganggu dengan bertebarannya adegan ciuman, serasa nonton Breaking Dawn Part 1, walaupun tidak se-hot Breaking Dawn sih :D.

Saya juga kecewa karena Gale’s scene-nya sedikit sekali (aaahh padahal Gale favorit saya :)). Tidak terlalu tergambarkan seperti di novel semangat Gale untuk merencanakan pemberontakan di distrik 12. Adegan penyiksaan Gale juga terasa kurang dramatis seperti ekspektasi saya (ini sih saya yang nggak normal karena suka melihat adegan yang kejam :D). Kegalauan (ceilah…) Gale, perasaan cemburu saat Katniss berencana menikah dengan Peeta ataupun saat kemesraan Peeta dan Katniss diekspos di seluruh distrik sangat kurang (ah ini saya aja emang yang pengen liat Gale lebih banyak. Gale, nggak usah sedih, kamu sama saya aja :D)

Catching Fire melanjutkan kisah Katniss dan Peeta setelah memenangkan Hunger Games ke-75. Kemenangan Katniss di Hunger Games membuat Presiden Snow merasa terancam karena menurutnya perbuatan Katniss dengan berry beracun di Hunger Games merupakan pembangkangan terhadap Capitol. Hal tersebut kemudian menyulut api pemberontakan di beberapa distrik.  Presiden Snow mengancam Katniss untuk membuktikan bahwa ia dan Peeta saling mencintai dalam Tur Kemenangan sehingga diharapkan dapat meredakan pemberontakan di beberapa distrik.

Permintaan Presiden kepada Katniss membuatnya kesulitan, karena Peeta dan  Katniss tepat saat mereka kembali ke distrik 12 setelah  memenangkan Hunger Games, mereka saling menjauh, kembali ke kehidupan normal. Katniss juga bingung dengan perasaannya terhadap Gale (kegalauan dimulai :D). Dan sepertinya Tur Kemenangan itu tidak bisa meredakan pemberontakan di distrik walaupun Katniss telah berusaha keras. Adegan yang paling mengharukan adalah Tur Kemenangan di distrik 11 saat mengenang Rue (tokoh favorit saya di film pertama).

Presiden Snow yang tidak puas terhadap Katniss merencanakan untuk membalas dendam melalui Quartel Quell yang ketiga dengan membuat peraturan bahwa Hunger Games ke-75 akan diikuti oleh para pemenang dari setiap distrik. Hal ini memaksa Katniss dan Peeta kembali bermain dalam Hunger Games. Katniss yang selalu dihantui mimpi buruk setelah memenangkan Hunger Games harus kembali mempertaruhkan hidupnya. Ia yakin kali ini tidak akan ada pengecualian lagi, ia bertekad untuk melindungi Peeta karena merasa berutang banyak pada anak lelaki itu. Begitu pula dengan Peeta yang berusaha melindungi Katniss dengan menggantikan Haymitch yang terpilih sebagai peserta lelaki dari distrik 12.  Sanggup kah Katniss dan Peeta melewati semua itu?

Apa yang terjadi di arena Hunger Games (saya merasa terlalu singkat, kurang sadis :D) memberikan kejutan tak terduga di akhir film (walaupun saya sudah tahu karena sudah membaca novelnya). Para pemenang dari distrik lain cukup sesuai dengan apa yang digambarkan dalam novel dan memberikan warna tersendiri dalam film ini. Scene di arena yang paling saya suka adalah saat burung jabberjay yang meneriakkan permintaan tolong dari orang-orang yang dicintai peserta, hal itu sangat mengerikan karena menyiksa mereka secara psikologis.

pemilihan

Scene saat Effie melakukan pemilihan peserta Hunger Games di distrik 12

The_Hunger_Games_Catching_Fire_38507

Adegan wawancara sebelum para peserta terjun ke arena. Gaun yang dikenakan Katniss adalah karya designer Indonesia: Tex Saverio. Gaunnya bagus banget 😀

Catching-Fire

Saya suka gaun dan makeup Katniss saat menghadiri Tur Kemenangan di Capitol ini.

peserta

Peserta dari seluruh distrik

arena

Arena Hunger Games (tampak atas)

jennifer-lawrence-fish-eating-on-hunger-games-set

Katniss di arena. Huaaa makan ikan mentah :O

first-clip-from-the-hunger-games-catching-fire

Katniss and Gale. huaaaaa Gale….:D

mockingjay

Katniss’s Mockingjay Dress

pozfxqka88

Fire again…. Cool 😀

Rate: 6,9/10

10 thoughts on “[REVIEW] The Hunger Games: Catching Fire

  1. waktu Haymitch ikut hunger games, ada gak di filmnya? aku belum nonton nih, uda baca bukunya aja. Kalau film adaptasi buku emang kurangnya disitu, banyak yang dipotong. So far, aku belum nemu tokoh favorit selain Katniss untuk seri Hunger Games ini.

    • Nggak ada. Banyak banget yang dipotong. Agak mengecewakan sih yang kedua, kalau yang pertama menurut saya pas aja pemotongannya jadinya tetep enak nontonnya.

      Saya suka Gale di novel ataupun di film 😀

Leave a Reply

