Wardah: Kosmetik Halal, Aman, dan Berkualitas untuk Kesempurnaan Kecantikan

kirim ke tika

The best and most beautiful things in the world cannot be seen or even touched

– they must be felt with the heart. – Helen Keller –




Kenapa Kosmetik Begitu Penting? 

Awalnya saya adalah orang yang cuek dalam penampilan dan termasuk malas dalam melakukan perawatan kulit, tapi semenjak saya mengikuti berbagai aktivitas selama di bangku kuliah, saya mulai mengalami masalah pada kulit terutama kulit wajah: mulai kusam, berminyak, sampai berjerawat. Akhirnya saya memahami bahwa perawatan kulit sangatlah penting.

Kulit merupakan lapisan terluar dari tubuh yang memainkan peran penting dalam melindungi tubuh terhadap kuman dan kehilangan air yang berlebihan, pengaturan suhu, sensasi, dan sintesis vitamin D. Kulit yang tidak terawat ataupun tidak terlindung akan rusak, kerusakan kulit yang parah akan menyebabkan terbentuknya jaringan parut, menyebabkan kulit berubah warna (misal: spot ages), dan depigmentasi yang bervariasi antar populasi. Oleh karena itu kosmetik adalah salah satu cara untuk mencegah hal tersebut (Proksch et al, 2008).

Kosmetika adalah bahan atau sediaan yang dimaksudkan untuk digunakan pada bagian luar tubuh manusia (epidermis, rambut, kuku, bibir, dan organ genital bagian luar) atau gigi dan mukosa mulut terutama untuk membersihkan, mewangikan, mengubah penampilan dan/atau memperbaiki bau badan atau melindungi atau memelihara tubuh pada kondisi baik. (Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1176 tahun 2010 tentang Notifikasi Kosmetik)

Kosmetik yang terjamin dalam segi kualitas dan keamanan adalah kosmetik yang legal yaitu yang telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).  Isu kosmetik semakin berkembang tidak hanya dalam segi kualitas dan keamanan tetapi juga dalam segi kehalalan. Urgensi kosmetik halal menjadi mutlak, terutama bagi para muslimah yang tentu saja dalam segala aspek kesehariannya memiliki pedoman bahwa halal is my life. Di Indonesia, acuan kosmetik halal adalah adanya pengakuan kehalalan melalui sertifikat halal dari LPPOM MUI melalui serangkaian tahapan audit dari MUI, baik penilaian terhadap bahan baku maupun proses pembuatannya termasuk proses quality control, peralatan, bangunan dan personil yang terlibat dalam produksi kosmetik tersebut.

Fatwa MUI: penggunaan kosmetik untuk kepentingan berhias hukumnya boleh dengan syarat bahan yang digunakan halal dan suci, ditujukan untuk kepentingan yang sesuai syariat dan tidak membahayakan.

Salah satu pelopor produk kosmetik yang mengedepankan prinsip kosmetik halal adalah WARDAH cosmetic, yang telah mendapat sertifikat halal dari MUI. WARDAH cosmetic memakai bahan-bahan yang berkualitas dan tentu saja jelas hukum kehalalannya karena beberapa bahan yang biasa digunakan dalam kosmetik banyak yang merupakan titik kritis kehalalan seperti lemak, kolagen, elastin, ekstrak plasenta, zat penstabil vitamin, asam alfa hidroksil, dan hormon. Bahan-bahan tersebut sangat rawan karena bisa jadi berasal dari lemak hewan yang diharamkan. Untuk mengidentifikasi kosmetik halal juga dapat dilihat dari daftar ingredient yang tercantum dalam produk tersebut, situs ini telah menerbitkan daftar lengkap bahan halal, haram, dan bahan-bahan yang dikategorikan sebagai mashbooh atau perlu ditelusur lebih lanjut (questionable).

Urgensi kosmetik halal menyebabkan saya memutuskan untuk berpindah menggunakan WARDAH cosmetic yang telah diakui status kehalalannya. WARDAH cosmetic menghadirkan kosmetika berformula inovatif yang aman, halal, praktis, bahkan memenuhi kebutuhan dan selera setiap wanita. Sebagai kosmetika modern, WARDAH cosmetic diproduksi dengan formula:

  • Non-Comedogenic, sehingga tidak menyumbat pori, tidak menimbulkan komedo dan jerawat.
  • Oil Control, mencegah produksi minyak berlebih karena suhu panas.
  • UV Protection, mencegah efek buruk sinar UV A dan B pada kulit.
  • Non Photosensitisasi , tidak bereaksi terhadap cahaya karena zat pewarna yang digunakan aman.

Hal tersebut senada dengan WARDAH BEAUTY CONCEPT yaitu

  • Pure & Safe , WARDAH cosmetic dibuat dari bahan berkualitas dan terbukti aman serta halal,
  • Beauty Expert , WARDAH cosmetic diformulasikan oleh para ahli farmasi dan kecantikan yang menghadirkan produk berkualitas dengan inovasi terkini,
  • Inspiring Beauty, Kosmetika tidak hanya untuk tubuh akan tetapi juga untuk jiwa. WARDAH cosmetic mendorong setiap wanita untuk senantiasa percaya diri dan peduli terhadap sesama yang terkenal sebagai “kecantikan yang menginspirasi”).
foto baru

Beberapa Produk Wardah Cosmetic yang Saya Gunakan

WARDAH cosmetic saat ini telah menjadi bagian diri saya yang tidak lagi bisa terpisahkan dalam keseharian saya. Sebagai seorang muslimah yang memiliki prinsip halal is my life, kita sudah seharusnya menampilkan image muslimah salah satunya adalah dalam penampilan yang rapi, kosmetik halal merupakan salah satu penunjang dari penampilan tersebut. Melalui tulisan di blog ini saya akan berbagi mengenai gaya make up saya sehari-hari dengan kosmetik halal WARDAH. Berikut langkah-langkah yang biasa saya lakukan dalam menggunakan make up:

  • Lakukan pembersihan wajah terlebih dahulu dengan menggunakan WARDAH Cleanser dan WARDAH Facial Wash, dan setelahnya segarkan kulit dengan menggunakan WARDAH Hydrating Face Toner.
Wajah saya setelah dibersihkan

Wajah saya setelah dibersihkan

  • Gunakan WARDAH Moisturizer untuk melembabkan kulit dan setelahnya gunakan WARDAH Sunscreen Gel SPF 30 untuk proteksi kulit terhadap bahaya sinar matahari. Setelah itu bisa juga menggunakan alas bedak WARDAH (foundation) agar riasan lebih tahan lama. 
afterfocus_1381229316778

Gunakan WARDAH Foundation yang sesuai dengan warna kulit. Aplikasikan di wajah dengan menggunakan spons atau kuas searah dengan pertumbuhan rambut di wajah. Baurkan sampai merata. Lakukan koreksi bagian berjerawat dan kantung mata dengan WARDAH Concealer (saya menggunakan WARDAH Double Function Kit).

before after shading

Untuk acara formal (misal: menghadiri resepsi pernikahan), saya melakukan shading dengan menggunakan WARDAH Double Function Kit. Light concealer sebagai highlight dan dark concealer sebagai contour. Aplikasikan WARDAH Double Function Kit (seperti gambar) dengan spons atau kuas, baurkan hingga merata.

  • Sapukan WARDAH Lightening Two Way Cake dengan warna yang sesuai dengan warna kulit.
  • Aplikasikan WARDAH Eyeshadow pada kedua kelopak mata, gunakan satu warna untuk tampilan sederhana, untuk tampilan yang lebih glamour bisa mengkombinasikan 2-3 warna atau menambahkan glitter (lebih cocok untuk acara formal di malam hari). Setelah itu gunakan WARDAH Eyeliner pada garis mata dan WARDAH Mascara pada bulu mata.
eyeshadow

Setelah aplikasi eyeshadow, eyeliner, dan mascara

  • Sapukan WARDAH Blush On tepat di apple check sampai ke batas rambut. Baurkan hingga merata. Aplikasikan sambil sedikit tersenyum untuk mendapatkan efek pipi merona. Sapukan blush on warna coklat untuk mempertegas shading (untuk acara yang lebih formal).
blush on

Setelah aplikasi blush on

  • Sapukan WARDAH Lipstick secara merata pada bibir. Saya lebih suka menggunakan warna-warna natural seperti nude atau pink muda. Setelah itu bisa juga menggunakan WARDAH Lipshine untuk mendapatkan efek bibir yang lebih glossy
  • Seperti inilah kira-kira gaya make up saya sehari-hari:
finished combine

Gaya make up natural sehari-hari untuk kuliah atau hang out dengan teman-teman.

PhotoGrid_1381383832595

Gaya make up sehari-sehari untuk acara semi-formal yang lebih banyak interaksi dengan orang lain, misal: acara komunitas klub penulis.

Camera 360

Gaya make up saya saat wisuda (formal)

res_1381379471080

Saya lebih suka menggunakan gaya jilbab yang sederhana dan selalu diusahakan untuk menutup bagian dada.

Selain sebagai perawatan kulit, bagi saya pribadi penggunaan kosmetik halal dalam keseharian juga seharusnya memberi inspirasi kepada setiap orang yang ditemui, hal ini senada dengan tagline WARDAH cosmetic yaitu inspiring beauty.



Mengapa Sertifikat Kosmetik Halal Penting?

Banyak Sediaan Farmasi (Obat dan Kosmetika) yang masih diragukan kehalalannya karena berasal dari bahan yang haram atau diduga haram. Al-Quran dan Hadist Rasulullah SAW-lah yang menjadi rambu-rambu bagi kita dalam mengkonsumsi segala sesuatu yang halal dan meninggalkan segala sesuatu yang haram.

  • “Dialah Allah, yang menciptakan segala yang ada di bumi untuk kamu ……” (QS Al baqarah [2]:29)
  • “Wahai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rizki yang baik-baik (yang halal), yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada-Nya kamu menyembah (beribadah).” (Q.S. Al-Baqarah [2]:172).
  • … dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk….. (QS Al A’rof [7]:157)

Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya apa-apa yang halal itu jelas dan sesungguhnya apa-apa yang haram itupun jelas pula. Di antara kedua macam hal itu – yakni antara halal dan haram – ada beberapa hal yang syubhat -samar-samar atau serupa yakni tidak jelas halal dan haramnya.Tidak dapat mengetahui apa-apa yang syubhat itu sebagian besar manusia. Maka barangsiapa yang menjaga dirinya dari perbuatan-perbuatan syubhat, maka ia telah melepaskan dirinya dari melakukan sesuatu yang mencemarkan agama serta kehormatannya. Dan barangsiapa yang telah jatuh dalam kesyubhatan-kesyubhatan, maka jatuhlah ia dalam keharaman, sebagaimana halnya seorang penggembala yang menggembala di sekitar tempat yang terlarang, hampir saja ternaknya itu makan dari tempat larangan tadi.”

Dengan adanya ayat dan hadist di atas dapat dipahami bahwa mengkonsumsi yang halal itu merupakan ibadah dan menaati perintah Allah. Sebaliknya, jika kita mengkonsumsi yang tidak halal niscaya berdosa, karena perbuatan itu merupakan maksiat, yakni perbuatan durhaka, melanggar perintah Allah yang telah dinyatakan secara tegas dengan ayat tersebut.



Apa yang Saya Lakukan untuk Menginspirasi Orang Lain dalam Penggunaan Kosmetik?

Inspirasi tentu saja bukan sekedar dari kata-kata, inspirasi akan lebih mudah diterima dengan contoh (suri teladan), oleh karena itu selain saya giat melakukan sharing informasi (termasuk melalui blog) dengan berbagai orang yang saya temui dalam keseharian mengenai penggunaan kosmetik berkualitas dan aman (ditambah dengan kosmetik halal bagi muslimah), saya juga mencontohkannya dengan selalu menggunakan kosmetik halal WARDAH dalam keseharian. Perlu diketahui bahwa masih banyak beredar luas di masyarakat kosmetik berbahaya ataupun kosmetik palsu, dan kebanyakan masyarakat belum memahami akan hal tersebut. Di sini saya menekankan bahwa dalam pemilihan kosmetik harus diperhatikan (source: http://www.fashiondaily.com):

  1. Legalitas produk

Pilihlah produk kosmetik yang legal. Hal ini ditunjukkan dengan dicantumkannya nomor pendaftaran di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Produk yang telah terdaftar di BPOM dapat dicek di situs BPOM.

  1. Daftar komposisi bahan

Dengan pengetahuan tentang bahan-bahan kosmetik yang halal, mashbooh dan nonhalal, paling tidak dapat dijadikan saringan awal untuk memilih produk mana yang aman dan halal untuk dipakai. Sebisa mungkin hindari bahan-bahan yang haram dan kritislah terhadap bahan yang mubah. Semakin lengkap komposisi yang dicantumkan, biasanya produk tersebut semakin terpercaya, karena konsumen dengan mudah mencari informasi mengenai bahan tertentu.

  1. Nama dan alamat produsen

Nama dan alamat jelas produsen harus jelas tercantum pada label kemasan yang mengindikasikan mudahnya akses bagi konsumen untuk memperoleh informasi lanjutan mengenai produk bersangkutan.

  1. Logo halal dari Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI)
logo halal

Logo halal MUI

Produk yang telah tersertifikasi halal akan mencantumkan logo di atas pada kemasannya. Sertifikasi menjamin kehalalan produk dari segi bahan, komposisi dan proses pengolahan. Perusahaan yang telah disertifikasi berarti telah menerapkan manajemen penjaminan produk agar tetap halal (Sistem Jaminan Halal).

  1. Untuk produk yang berasal dari luar negeri, telah banyak lembaga resmi maupun independen yang menerbitkan sertifikat halal. Salah satu lembaga yang dapat menjadi acuan kita adalah Muslim Consumer Group: lembaga sertifikasi milik komunitas muslim di Amerika Serikat.



Aktivitas Keseharian Saya Bersama WARDAH Cosmetic

Saya menyukai kegiatan yang membuat saya dapat berinteraksi dengan orang lain, sehingga saya bisa menemukan teman baru, mendapat inspirasi dan pelajaran hidup yang tidak akan pernah terlupakan. Dalam segala aktivitas tersebut, WARDAH selalu menemani dan menjadi bagian diri saya. Salah satu produk yang saya pakai dan saya favoritkan adalah WARDAH lightening two way cake yang bersifat tahan lama dan memiliki coverage yang bagus meskipun aktivitas saya mulai pagi sampai sore. Selain itu tidak menyebabkan kulit saya berminyak dan tidak bersifat comedogenic sehingga saya tetap percaya diri.

Berikut ini adalah dokumentasi beberapa aktivitas keseharian saya:

penyuluhan

Kegiatan sosial seperti penyuluhan kesehatan adalah cara saya untuk berbagi ilmu dan berinteraksi dengan masyarakat.

lulus lulus

Lulus tepat waktu di salah satu Universitas negeri sebagai bakti kepada orang tua.

orang terkenal

Acara bedah buku, workshop kepenulisan, meet & greet, maupun nonton bareng mempertemukan saya dengan orang-orang hebat, para pejuang yang menginspirasi dan memberi semangat untuk sukses seperti mereka.

travelling

Travelling.
Dari berbagai tempat yang saya kunjungi, saya banyak menemui orang-orang dengan potret kehidupan yang berbeda. Saya juga belajar budaya, sejarah, dan banyak hal yang menambah wawasan maupun kebijaksanaan hidup.

Tulis nusantara

Workshop Kepenulisan Tulis Nusantara 2012.
Dalam workshop ini saya banyak bertemu orang-orang hebat dan mendapat ilmu khususnya dalam bidang kepenulisan yang sangat bermanfaat.

kumpulan cerpen

Kumpulan cerpen saya bersama teman-teman (dalam proses penerbitan secara self-publishing). Melalui karya kami berharap dapat berbagi mengenai suka duka kuliah Farmasi dan memperkenalkan dunia kefarmasian.

Yang perlu diingat bahwa hidup halal itu sendiri bukan hanya dalam aspek makanan dan minuman atau kosmetik dengan sertifikasi halal oleh LPPOM MUI, tetapi termasuk juga berperilaku dengan akhlaqul-karimah dan berpakaian yang halal dengan menutup aurat. Jadikanlah halal is my life bukan sekedar slogan belaka, tapi sebagai salah satu prinsip dasar yang senantiasa dipraktekkan dalam segala sendi kehidupan.

Mari kita berlomba-lomba memberikan manfaat bagi sesama serta saling menginspirasi dalam segala kebaikan dengan cara berbagi ilmu, berbagi nasehat, berbagi ide ataupun berbagi waktu. Karena Rasulullah SAW bersabda:

“Orang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada kebaikan bagi seorang yang tidak bersikap ramah. Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Thabrani dan Daruquthni)

Sebagai penutup tulisan di blog ini, saya mengutip kalimat dari salahsatu novel favorit saya:

Muara manusia adalah menjadi hamba sekaligus khalifah di muka bumi. Sebagai hamba, tugas kita mengabdi, sebagai khalifah, tgs kita bermanfaat. Hidup adalah pengabdian dan kebermanfaatan (Novel Rantau 1 Muara).








Sumber:

Al-Quran

Kitab Riyadhus Shalihin-Taman Orang-Orang Shalih, Imam Nawawi

Novel Rantau 1 Muara, Ahmad Fuadi

www.cafemotivasi.com

www.wardahbeauty.com

www.halalmui.org

http://muslimconsumergroup.com

Proksch, E; Brandner, JM; Jensen, JM (2008). “The skin: an indispensable barrier.”. Experimental Dermatology 17 (12): 1063–72.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1176 tahun 2010 tentang Notifikasi Kosmetik

Advertisements

One thought on “Wardah: Kosmetik Halal, Aman, dan Berkualitas untuk Kesempurnaan Kecantikan

  1. Sangat lengkap ulasan tentang Wardah: Kosmetik Halal, Aman, dan Berkualitas untuk Kesempurnaan Kecantikan ini, semoga bisa memberi manfaat untuk semua pembaca. salam kenal dan sekiranya berkenan, berkunjung ke toko Cream Pemutih Wajah kami ya. Semoga kedepannya kita bisa bekerjasama. Thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s