[Review] Natural Self Skin Treatment

Beberapa hari yang lalu, saya mengunjungi Rumah Buku Surabaya yang kebetulan lagi ada obral mulai Rp 5.000.  Agak hopeless awalnya karena saya sudah menduga buku yang diobral pasti buku-buku lama yang (maaf) tidak laku dan jarang sekali ada buku yang berkualitas (versi saya). Tapi ternyata saya salah. Ada satu buku yang menarik seharga Rp 25.000 berjudul Cantik dengan Natural Treatment. Saya belum selesai membaca bukunya jadi belum bisa membuat review bukunya. (eh hello terus lo mau nulis apa ini? hahaha… :p) Ok saya baru bisa menampilkan sampul bukunya. I promise to review this in other post when I finish, Ok? (Angkat dua jari :D)

unduhan

Cantik dengan Natural Treatment by Erni Martini & Nindyas Primandini

Beberapa hal dalam buku ini sudah saya ketahui dan memang sering saya praktekkan. Tapi ada beberapa hal yang mengejutkan saya seperti tentang belimbing wuluh yang bisa menghilangkan jerawat (sungguh saya sangat tidak gaul, 2 bulan pusing dengan jerawat yang tidak mau hilang dan ternyata belimbing wuluh. FYI di depan kos saya ada 3 pohon belimbing wuluh yang buahnya lebat dan seringnya berjatuhan sampai busuk tidak ada yang memanfaatkan. Saya mengutuk keterlambatan membeli buku yang sangat bermanfaat ini :D). Penasaran? Nantikan saja fakta-fakta yang akan saya bagi dari buku ini. Tapi kalau tidak sabar menunggu silahkan cari toko buku terdekat dan membeli (Percaya deh bukunya sangat bermanfaat untuk para perempuan yang ingin tampil cantik dengan cara cerdas dan murah).

Beberapa waktu yang lalu juga saya mengunjungi Rumah Cantik Citra (Haduuuh maaf kalau post ini kepanjangan, tapi beneran memang semuanya berkaitan. Dan saya jamin setelah ini banyak manfaat yang bisa diambil dari tips rahasia perawatan alami kulit saya. :D). Di Rumah Cantik Citra itu saya mengambil paket massage badan dan totok wajah (terbilang murah untuk perawatan selama 1 jam. saya tidak pernah body massage cuma saat itu bener-bener pegel-pegel karena 3 hari bolak balik Surabaya-Bandung-Jakarta-Surabaya naik kereta). Yang menarik di sini adalah saat totok wajah, mbak beaurtician nya nanya: “Mbak rajin perawatan ya?” “Nggak, mbak.” Dan dia tidak percaya gitu. “Kulitnya bagus loh, mbak.” Aduuuh jadi malu dan geer, hahahaha… Terus akhirnya jadilah kami bertukar tips, saya mengungkap rahasia perawatan kulit saya dan dia memberitahu titik-titik di wajah yang bagus untuk di massages (Kita bisa belajar banyak dari siapa saja….).

Dulu, sekitar setahun lalu, saya memang menggunakan produk skincare dari dokter karena kulit saya yang kombinasi ini berjerawat dan sangat sensitif, krim di pasaran tidak ada yang cocok dan saya ketakutan sendiri mencoba-coba (males tepatnya), akhirnya terjerumus lah saya pada krim dokter (memalukan! Seharusnya sebagai seorang pharmacist saya bisa bikin krim sendiri. Insya Allah, doakan ilmu saya bisa bertambah :)). Tapi karena saya tahu bahwa krim dokter semakin lama akan semakin meningkat dosisnya dan kemungkinan terjadi ketergantungan, selain itu juga kulit saya sepertinya mulai bandel, hasil yang didapat stagnan, malah kulit saya menjadi kering dan kusam. Akhirnya saya mencari-cari sampai bisa lepas dari krim dokter, saya menggunakan skincare dari Rohto saat ini (lagi-lagi review lengkapnya nanti ya :D) dan treatment sendiri menggunakan masker buatan sendiri. Ini yang akan saya bahas sekarang. Bahan yang biasa saya gunakan adalah plain yoghurt, minyak zaitun, dan buah-buahan (kali ini saya menggunakan lemon dan strawberry).

Langkah-langkah facial treatment di rumah:

  1. Bersihkan wajah. Penting saya ingatkan bahwa langkah memberishkan wajah yang benar adalah dimulai dengan milk cleanser, kemudian facial foam, dan terakhir face toner.
  2. Gunakan handuk hangat dan letakkan di wajah kurang lebih 1-2 menit. Fungsinya adalah untuk melunakkan sel kulit, membuka pori sehingga dapat mengeluarkan kotoran. Setelah itu bersihkan wajah, cukup dilap dengan tissue atau handuk bersih. Jika wajah berjerawat JANGAN memencet jerawat. Bisa menimbulkan radang dan berbekas. Boleh menggunakan kertas pengangkat komedo jika berkomedo tapi sebenarnya tidak terlalu memberikan efek buat saya. Saya juga tidak suka memakai alat untuk mengeluarkan komedo. Kebetulan juga tidak berkomedo wajahnya.
  3. Setelah itu lakukan pengangkatan sel kulit mati dengan menggunakan scrub. Kali ini saya menggunakan scrub instan dari Mustika Ratu (sedang malas bikin scrub sendiri, lain kali saya akan memberi tips membuat scrub sendiri :D). Oleskan scrub secara merata. Biarkan sebentar agak mengering, kemudian pijat lembut dengan gerakan memutar. Bilas dengan air.)
  4. Massage. Saya menggunakan virgin olive oil untuk massage. Kalau ingin masage sepeti facial di klinik kecantikan, coba perhatikan saat terapist melakukan massage, gerakannya seperti apa dan titik-titik mana yang diberi penekanan. Atau kalau anda punya kenalan terapist belajarlah kepadanya :D. Oleskan oive oil secukupnya merata ke wajah, lakukan pijatan-pijatan lembut memutar beberapa saat. Massage ini berfungsi untuk melancarkan peredaran darah di wajah.
  5. Ambil sebutir lemon, belah menjadi dua. Gosok-gosok lembut belahan lemon pada wajah, diamkan kurang lebih 10 menit. Saya fokuskan di area T yang pori-porinya agak besar. Lemon ini bagus untuk kulit berminyak, bisa mengecilkan pori, mengatasi jerawat, dan mencerahkan kulit.
  6. Masker. Bahan andalan saya dalam membuat masker adalah yoghurt, saya memilih yang plain (tanpa rasa) sehingga saya bisa mencampurnya dengan buah (kali ini strawberry). Bukannya ada yoghurt yang ber-flavour strawberry? Ada. Tapi kan itu hanya essence not a real strawberry :D. Masker yang saya pakai kali ini terdiri dari campuran: 2 sendok makan yoghurt, 2 buah strawberry, 1 sendok makan madu. Oleskan masker ke seluruh wajah, hindari area mata, agar lebih rata bisa menggunakan kuas (kuas wajah ya, jangan kuas cat tembok :p). Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit. Kemudian bilas sampai bersih.
  7. Oleskan skincare ke wajah yang telah selesai dilakukan treatment.

Lakukan treatment ini secara teratur 1-2x seminggu. Setelah 1 bulan treatment dengan rajin (bela-belain karena saya males sebenarnya, tapi demi tuntutan profesi untuk tampil cantik :D) akhirnya saya merasakan sendiri manfaatnya: wajah halus, terlihat cerah dan kenyal.

1236637_10201027259797119_524851856_n

Ini penampakan wajah saya tanpa makeup. Ada jerawat satu. Tapi kondisi kulit OK. Warna kulit rata, cerah, pori-pori kecil, kenyal dan halus. *Foto diambil setelah maskeran.

1240659_10201027286957798_1314627900_n

Sedikit bocoran lain, kalau rajin mengoleskan minyak zaitun setiap malam sebelum tidur ke bulu mata dan alis bisa bikin lebat, hitam, dan panjang. FYI bulu mata saya sebelah kiri pernah dicukur karena operasi dan ada bagian yang bulunya nggak tumbuh lagi, tapi tumbuh lagi setelah saya rajin oles minyak zaitun.

Dan mari kita mengungkap rahasia bahan-bahan di atas yang saya gunakan…

1. Olive Oil

oilo

Virgin Olive Oil

Minyak zaitun mengandung lemak baik yang melembabkan dan mengenyalkan kulit dengan kombinasi vitamin A dan E (The Daily Green). Minyak zaitun mampu meredakan iritasi, kemerahan, rasa kering, atau gangguan lain pada kulit akibat faktor lingkungan. Polusi udara dan sinar matahari bisa merusak kulit. Vitamin E pada minyak zaitun akan membantu melawan radikal bebas, penuaan pada wajah, dan kerusakan lain yang diakibatkan oleh paparan polusi dan sinar matahari. Aplikasikan langsung minyak zaitun pada kulit yang mengalami penuaan atau kerusakan, untuk membantu mendapatkan penampilan yang muda, dan mengurangi efek radikal bebas pada kulit.

Saya biasa juga memasage wajah sebelum tidur dengan minyak zaitun, kemudian baru mengoleskan krim malam, bahkan kalau sedang malas, saya cuma mengoleskan minyak zaitun ini. Hasilnya kulit lebih cerah, kenyal, dan halus. Saya juga menggunakan minyak zaitun untuk rambut, kebetulan rambut saya kering sehingga dengan mengoleskan minyak zaitun secara teratur dapat menutrisi rambut sehingga lebih lembut dan lembab.

2. Lemon

images (3)

Lemon

Lemon sangat kaya akan kalsium, vitamin C, magnesium, dan kalium, yakni mineral dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit.

Berikut 9 khasiat dari buah lemon yang patut diketahui.

  1. Kandungan di buah lemon berfungsi sebagai antibakteri dan jamur yang efektif mengatasi jerawat. Gosokkan irisan lemon langsung ke wajah atau untuk menghilangkan noda hitam bisa mencampurkan lemon dengan madu sebelum mengaplikasikannya. Tunggu dalam lima sampai 10 menit sebelum dibersihkan dengan air dingin.
  2. Lemon dapat mencerahkan kulit dan mengatasi bintik-bintik hitam di wajah, serta bekas jerawat. Kandungan asam di lemon dapat mencerahkan kulit dan membuatnya makin segar. Namun hati-hati dengan bekas luka yang ada di wajah, gunakan saat kulit dalam keadaan bebas luka.
  3. Memutihkan gigi. Buah ini dapat memutihkan gigi. Campurkan dua bahan utama, jus lemon dengan baking soda, dan tempatkan di gigi selama satu menit. Lalu bersihkan dengan sikat gigi perlahan-lahan.
  4. Baik untuk kulit berminyak. Membersihkan wajah dengan sapuan kapas dan lemon sangatlah efektif. Cobalah lakukan perawatan ini sebelum beranjak tidur dan basuh muka ketika bangun pagi. (Jika ingin praktis banyak produk perawatan kulit dengan kandungan lemon).
  5. Membuat rambut berkilau. Kombinasikan jus lemon dan conditioner, sisir, dan jemur di bawah sinar matahari dalam beberapa jam, lalu cuci. Ulangi cara ini sekali dalam seminggu dan rambut diyakini akan lebih berkilau.
  6. Memperkuat kuku. Campurkan perasan jeruk lemon dengan minyak zaitun, lalu rendam kuku Anda ke dalamnya. Selain membuat kuku kuat, rendaman ini juga akan membuat kuku lebih putih.
  7. Lemon mengatasi ketombe dan kulit kepala kering. Minyak kelapa, minyak zaitun, madu, dan lemon dapat menjadi alternatif untuk perawatan rambut yang berketombe dan kering.
  8. Membuat bibir lebih lembab. Irisan lemon dapat menjadi perawatan bibir yang kering. Gosokkan ke bibir, dan kemudian cucilah dengan perlahan. Buah lemon akan mengangkat sel kulit mati sehingga bekas lipstik pun hilang dengan sempurna dan bibir jadi lebih sehat.
  9. Membersihkan wajah dan kulit tubuh. Cobalah membersihkan wajah dengan buah lemon dan merawat kulit dengannya. Buah ini sangat efektif menyingkirkan kotoran dan bakteri, serta melembabkan kulit di saat yang sama.
  Sumber :

3. Strawberry

images (4)

Strawberry

Strawberry banyak mengandung asam salisilat (dapat membantu mengencangkan kulit), serta vitamin B, C, E, dan K. Buah strawberry mampu menyehatkan dan meremajakan kulit, baik untuk dipakai hampir semua jenis kulit.

4. Yoghurt

unduhan (2)

Plain Yoghurt

Yogurt  memiliki banyak manfaat yang baik untuk kulit kita.  Yoghurt mengandung lactic acid  yang mampu mengeksfoliasi kulit dan membuatnya terasa lebih lembut. Lactic acid juga bermanfaat untuk melawan tanda-tanda penuaan . Yogurt juga bisa berperan sebagai antibakterial yang ampuh melawan jerawat.

  1. Reduce Dark Circles. Singkirkan  lingkaran gelap di bawah mata dengan menggunakan yogurt! Oleskan tipis plain yogurt langsung ke area di bawah mata, 15 menit menjelang tidur. Diamkan sampai pagi dan bilas bersih. Ulangi beberapa kali dalam seminggu.
  2. Anti-Acne. Kandungan zinc di dalam yogurt mampu mengatasi  jerawat. Campurkan lemon dengan yogurt sampai berbentuk seperti lotion tapi jangan terlalu cair. Langsung oleskan ke area kulit yang sedang berjerawat. Kolaborasi yogurt dan lemon  mampu meringankan peradangan yang disebabkan oleh jerawat.
  3. Dry Skin.  Campuran yogurt, pisang, dan madu dapat digunakan untuk kulit kering. Ambil satu buah pisang yang ditumbuk halus, tambahkan sedikit madu dan yogurt sampai teksturnya menyerupai pasta. Oleskan merata ke seluruh wajah dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin.
  4. Prevent Wrinkles. Ambil empat sendok makan yogurt dan campurkan dengan satu sendok makan olive oil sampai merata. Oleskan merata ke seluruh wajah dan diamkan selama 30 menit. Lakukan rutin tiga kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.
  5. Reduce Age Spots. Campuran chamomile dan yogurt  membantu mengurangi noda hitam di wajah (selalu menggunakan sunblock dengan SPF yang memadai untuk menghindari terbentuknya noda hitam ini). Campurkan beberapa tetes chamomile oil ke dalam yogurt dan oleskan langsung ke wajah. Gunakan secara rutin dua kali seminggu.
  6. Remove Dead Skin Cells. Yogurt juga mampu untuk mengeksfoliasi kulit! Tambahkan ketimun yang sudah diparut kasar ke dalam satu mangkok kecil yogurt. Aduk rata dan langsung oleskan ke wajah. Diamkan campuran ini di wajah selama 10-15 menit dan bilas dengan air dingin. Yogurt di sini berperan untuk membantuk mengencangkan kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu, ketimun yang kamu gunakan mampu memberikan efek dingin untuk membantuk mengencangkan pori.
  7. Anti-Ageing Treatment. Yogurt juga bisa diandalkan sebagai perawatan antiageing. Campurkan satu buah pisang dan setengah alpukat yang ditumbuk halus dengan yogurt sampai teksturnya berbentuk pasta. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat.

Sumber: Cantik dengan Natural Treatment dan http://www.fimela.com

5. Madu

images (5)

Madu

Madu memiliki kandungan alami yang bermanfaat bagi kulit seperti antioksidan, antibakteri, vitamin B dan C.

  1. Melindungi. Madu mampu melindungi kulit karena kandungan antioksidan, anti-jamur dan anti-mikrobanya dapat menyembuhkan luka, bintik-bintik merah dan melawan infeksi kulit.
  2. Melembabkan. Madu bila digunakan secara teratur, dapat melembutkan kulit maupun rambut kering. Oleskan madu ke daerah wajah dan leher atau campurkan dengan bahan-bahan alami lainnya untuk membuat kulit menjadi lebih lembut.
  3. Anti-Penuaan. Madu membantu mengurangi tanda-tanda penuaan karena kandungan madu yang dapat menangkal radikal bebas. Madu dapat dibuat menjadi toner. Buatlah campuran toner dari dua sendok teh lemon, dua sendok teh madu dan air secukupnya. Kemudian campurkan ramuan tersebut dalam botol yang bersih dan kocok sampai merata. Untuk menggunakannya, aplikasikan seperti Anda memakai toner pada umumnya, dengan menuangkan beberapa tetes ke kapas dan usapkan pada wajah Anda yang telah dibersihkan.
  4. Memelihara. Madu dapat diminum secara berkala serta diaplikasikan langsung pada kulit dan rambut. Nutrisi yang ada di dalam madu seperti magnesium, potassium dan kalsium berkontribusi dalam regenerasi kulit yang mendorong pertumbuhan sel kulit baru.
  5. Anti Jerawat. Untuk menghilangkan jerawat, oleskan madu pada bagian yang berjerawat dan diamkan selama 15 menit lalu bilas. Kandungan anti bakterinya berkhasiat membunuh jerawat dan membersihkan noda.

Semoga post yang sangat panjang ini dapat memberikan manfaat. Perlu diperhatikan, saat menggunakan bahan alami belum tentu bisa bebas dari alergi, jadi sebaiknya hentikan pemakaian jika timbul gejala-gejala alergi. Dan jangan sembarang mencampur segala bahan, karena bahan alam memiliki kandungan yang kompleks, bisa saja antar kandungan dapat saling menghilangkan khasiat atau bahkan bersifat racun. Bahan alam maupun bahan kimia tidak selamanya aman. Bijaklah dalam menggunakan 😀

*Gambar: koleksi pribadi dan google.com

 

25 thoughts on “[Review] Natural Self Skin Treatment

      • hadalabo ? ada yg jual di toko kosmetik ga mba ? terus kalo di supermarket kan yogurt’a kebanyakan ada rasa’a mba. soal’a dulu aku juga pake perawatam dokter tapi wajah ku malah breakout dan tumbuh jerawat. 😦

      • biasanya sih aku beli hadalabo di guardian.
        ada kok yogurt plain di superindo, hero, dan lain-lain. saya biasa pake merk biokul sih.

        kalau banyak jerawat saya sih pake bedak saripohatji, tapi harus sabar sampai bekasnya pada ilang 😀

    • ya dicoba aja. kalau yang alami, selama mbak nggak alergi ma bahan yg dipake ya aman-aman aja.

      mbak biar lebih enak gimana kalau hubunginya lewat facebook atau twitter aja? biar lebih bebas juga mbaknya kalau mau nanya-nanya. soalnya kalau blog jarang saya cek takut nggak kebales pertanyaannya 😀

      silahkan add Fb ma twitternya di bio ya 😀

  1. oya mbak, ceritanya pernah jerawatan banyak yah, karna salah pelembabkah atau apa? trus saripohatji punya linknya gak? soalnya takut kena yang palsu

    • Mbak tinggal di mana? Kalau di jawa barat itu banyak di apotek dan toko di pasar tradisional. Kalau selain di jawa barat saya nggak tahu. Maaf.

      Ya nggak bisa mbak saya jamin 1 bulan ilang. Setiap orang kan punya reaksi sendiri2 🙂

      Harus sabar kalau hadapin jerawat. Nggak bisa instan. Apalagi kalau pake cara tradisional.

      Kalau mau cepet ya ke dokter aja. 🙂

  2. Infonya bermanfaat sekali mbak Tika, kebetulan saya lg bermasalah sama flek hitam diwajah yg gak kunjung hilang, kalo boleh tau mbak Tika make minyak zaitun merk apa ya mbak? Kan ada yg dari mustika ratu, wardah jg ada setau saya…

  3. Mba tika, boleh minta account yang bisa di hubungi gak? Saya mau sharing dan tanya tanya
    Atau kalau bisa, tolong DM saya di @renirahmawt, takutnya saya gak sempet buka-buka blog lagi.. Makasih sblumnya mba cantik

  4. sist mau tanya
    kamu pakai virgin olive oil ya?
    kamu pakai virgin olive oil dulu ya setelah itu baru kamu pakai krim malam?
    nah, pada saat mau olesi krim malam, yang olesan virgin olive oilnya gak dihapus dulu ya?

Leave a Reply

