[Renungan] Berbuat Baik dan Lupakan!

Berbuat baiklah kepada siapapun, baik itu kawan maupun lawan bahkan seorang yang tak kamu kenal sekalipun. Kemudian lupakan. Biarkan semua itu menjadi tabungan yang kamu titipkan kepada Tuhan. Suatu hari nanti tanpa diminta, Tuhan akan mengeluarkan tabungan itu untuk menolongmu di waktu yang tepat.

Saya ngeri sendiri mendengar berbagai macam berita kriminal di televisi, manusia seakan melupakan apa yang disebut nurani, seenaknya saja menghilangkan nyawa, bahkan orang-orang di sekitarnya.

Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa: barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka rasul-rasul Kami dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas, kemudian banyak diantara mereka sesudah itu sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan dimuka bumi.
(QS: Al-Maidah Ayat: 32)

Bukankah begitu nyata bahwa membunuh, saling menyakiti itu dilarang oleh Allah? Dan kenapa kita tidak saling menyayangi dan tolong menolong?

“…Dan tolong menolonglah kalian dalam kebaikan dan takwa dan janganlah kalian tolong menolong dalam perbuatan dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksaan-Nya“. (Al-Ma’idah:2)

Jadi kenapa masih ragu untuk menolong orang-orang di sekitarmu? Menolong itu tak melulu urusan materi. Mulailah dengan hal kecil semisal tersenyum kepada orang-orang di sekelilingmu. Bukankah senyum termasuk ibadah? Atau cobalah lebih peka, lihatlah kawan di sekelilingmu, jika mereka bersedih hiburlah atau cobalah jadi pendengar yang baik, jangan melulu ingin didengarkan. Apapun hal kecil yang mampu kita lakukan, bahkan sekedar ucapan terima kasih untuk seseorang, percayalah semuanya akan berharga untukmu. Menjadi tabungan yang akan menolongmu di waktu yang tepat.

Saya punya cerita tentang seorang kawan lama yang sangat pemurah. Percaya atau tidak dia selalu memberi setiap pengemis yang dijumpainya di jalanan atau mengisi kotak amal dalam jangkauan pandangan matanya. Dia juga selalu menyapa ramah orang-orang di sekelilingnya, mau belajar banyak hal kepada setiap orang. Saya mungkin belum sampai pada tingkatan seperti itu, saya bukan orang yang ramah dan gampang membuka pembicaraan dengan orang asing. Saya ini pendiam in real life, cerewet di blog aja :D. But I have my own way. Ya, saya punya cara sendiri untuk berbuat baik dan bermanfaat dengan sesama.

Apapun itu, hal sekecil apapun pasti bermakna besar suatu hari nanti. Mari kita tebarkan cinta, budayakan tolong menolong, dan tebarkan manfaat bagi sesama.

Love,

Tika

*seseorang yang sedang belajar untuk berbuat baik dan melupakannya. 😀

Advertisements

2 thoughts on “[Renungan] Berbuat Baik dan Lupakan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s