Selamat Tinggal!

Jika telah nyata petunjuk di hadapanku, masihkah akan kuabaikan?


***

Seseorang itu telah menyakitiku begitu rupa, namun entah kenapa aku masih bertahan untuk berjuang sampai akhir. Ia, orang lain, mungkin saja lupa, bahwa suatu waktu dahulu aku pernah berjanji akan memperjuangkannya hingga akhir. Sesakit apapun, seburuk apapun perlakuannya, sehina apapun aku di hadapannya, aku terikat janji yang pernah terucap itu. Pantang bagiku melanggar apa yang telah dijanjikan.

Mungkin aku sudah gila. Atau entah. Aku tak tahu. Aku menyiksa diri begitu rupa demi sebuah kehormatan bernama menepati janji. Malam-malam yang kuhabiskan dalam tangis sendirian, tangis-tangis kesakitan yang ia timbulkan. Aku seolah kebal, seakan ada morfin yang menahan segalanya. Aku tak tahu lagi bagaimana. Yang kutahu adalah janji itu. Meski aku kesulitan mempertahankan kewarasan.

Kemudian suatu hari aku sudah kehabisan daya. Tertatih aku menghampiriNya. Berusaha mencari petunjuk tentang ia yang semakin mustahil. Tentang janji yang tak sanggup lagi kupertahankan. Tentang aku yang selangkah lagi tidak waras seutuhnya.

Kumohon-mohon dalam sujud panjang, Tuhan lepas segala kesakitan yang terus menyerang akal sehat.

Bermalam-malam. Doa panjang tak henti kurapal. Mengharap setitik keajaiban terakhir yang bisa menyibak tabir gelap akalku.

Akhirnya Ia menjawab juga: Ia izinkan aku berhenti.

***

Andai kamu tahu,  aku bisa bertahan bahkan saat dunia menentangku. Aku akan terus memperjuangkan janji yang telah terucap. Namun jika Tuhan menyuruhku berhenti, aku akan berhenti. Karena apalagi yang bisa kulakukan? Ketika petunjukNya begitu nyata… 

Selamat tinggal! Maafkan aku yang tidak bisa menepati janji hingga akhir. Kudoakan bahagiamu. Dan semoga tak lagi ada yang tersakiti sepertiku. Selamat tinggal!

Selamat tinggal!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s