[Review] Surat Panjang tentang Jarak Kita yang Jutaan Tahun Cahaya – Dewi Kharisma Michellia

Surat Panjang Tentang Jarak Kita yang Jutaan Tahun Cahaya

 

Penulis: Dewi Kharisma Michellia

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Jumlah halaman: 240 hlm
Rilis: Juni 2013 by Gramedia Pustaka Utama

ISBN13 9789792296402

 

 

Sinopsis:

Ada surat panjang yang terlambat sampai.

Tanpa nama pengirim, dan hampir basah oleh tempias hujan.

*

Sejak kecil kita berdua merasa diri kita adalah alien-alien yang tersesat ke Bumi.

Pria itu sudah melupakan seorang teman masa kecilnya saat sebundel amplop itu sampai di beranda rumah.

Kalau kau perlu tahu, aku hanya punya satu macam mimpi. Aku ingin tinggal di rumah sederhana dengan satu orang yang benar-benar tepat. Bila memang aku harus mencurahkan seluruh perhatianku, kepada satu orang itulah hal itu akan kulakukan.

Ia bahkan sudah melupakan mimpi-mimpi masa kecil mereka.

Berpuluh-puluh tahun lamanya, bahkan sejak kali pertama bertemu, aku telah memilihmu dalam setiap doaku. Sesuatu yang tak pernah kauketahui bahkan hingga hari ini. Dan bila kau suruh aku pergi begitu saja, di usiaku yang lebih dari empat puluh ini, aku mungkin telah terlambat untuk mencari penggantimu.

Dan ia tak tahu teman masa kecilnya itu masih mencintainya.

*

Surat-surat itu menarik pria itu ke masa lalu.

Hingga ia tahu, semuanya sudah terlambat.

Review:

Surat Panjang tentang Jarak Kita yang Jutaan Tahun Cahaya adalah sebuah novel epistolari yang disajikan dengan apik oleh penulisnya. Dari judulnya saja sudah unik, menarik, dan bikin penasaran. Saat mulai membaca novel ini, jujur tidak sanggup untuk tidak membacanya sampai selesai. Seperti juga tokoh utama dalam novel yang menyebut dirinya alien, saat membaca buku ini memang terasa menjelma menjadi alien, terasing. Hanyut.

Novel ini bercerita tentang kisah Nona Alien dengan Tuan Alien yang selalu bersama sejak kecil, menemukan kecocokan dalam diri masing-masing karena mereka merasa berbeda dan terasing dengan manusia lain di sekelilingnya. Novel ini disajikan dalam serangkaian surat panjang yang ditulis oleh Nona Alien untuk Tuan Alien yang menceritakan rentetan kejadian dalam hidup mereka setelah Tuan Alien mulai tak lagi jadi alien berbaur dengan manusia di sekelilingnya dan juga pergi dari kehidupan Nona Alien.  Sebundel surat yang ditulis Nona Alien hanya sebuah nostalgia untuk menarik Tuan Alien ke masa lalu, Nona Alien tahu jika masa depan terlalu mustahil karena semuanya sudah terlambat, Tuan Alien telah menjadi milik orang lain.

Surat yang ditulis Nona Alien seolah sebagai ucapan selamat tinggal dan selamat menempuh hidup baru bagi Tuan Alien yang pernah dan akan selalu menjadi bagian penting dalam hidup Nona Alien. Dari awal saja novel ini tersaji begitu murung hingga semakin getir dan sedikit mengerikan sampai akhir. Novel ini menyajikan tentang kegagalan cinta, tidak bahagia waktu masih kecil, dan berbagai keresahan yang begitu dekat dengan keseharian lewat sebuah penuturan yang tidak biasa.

Saat tiba di akhir buku ini seperti berhasil mengungkap sebuah rahasia. Saya merasakan gejolak emosi, kecerdasan berpikir, pemikiran yang berbeda dari orang kebanyakan yang ingin disajikan penulis dari awal hingga akhir. Ada sedikit bagian dan pemikiran Nona Alien yang juga merupakan refleksi dari diri saya.

4/5 bintang

Novel yang layak anda baca dan menjadi bagian diantara deretan koleksi di rak buku perpustakaan pribadi.

Advertisements

6 thoughts on “[Review] Surat Panjang tentang Jarak Kita yang Jutaan Tahun Cahaya – Dewi Kharisma Michellia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s