[2011] Trip to Solo, Ambarawa, Semarang

Lagi kangen travelling…

Sekitar 2011 lalu, aku dan seorang temanku travelling ke Solo, Ambarawa, Semarang. Kenapa Solo? Karena saat itu bertepatan dengan acara Solo International Performing Arts (SIPA). Sebenarnya seminggu sebelum SIPA itu ada juga Solo International Etnics Music, sayang sekali aku melewatkan acara tersebut.

Aku berangkat dari Surabaya, temanku dari Bandung. Kita janjian langsung ketemu di  Solo. Sampai di Solo yang pertama kali kita cari adalah peta Solo, yes! Kita bener-bener buta kota Solo…

Setelah mendapat peta, langsung saja kita mencari penginapan yang tidak terlalu jauh dari  tempat acara SIPA itu besok malam. Huaaa…akhirnya kita bisa beristirahat juga di penginapan yang lumayan nyaman dengan harga terjangkau 🙂

Besok paginya kita jalan-jalan ke keraton Solo yang ternyata tidak terlalu jauh juga dari penginapan.

Tarian dari Austria (SIPA 2011)

Nama tariannya lupa yang jelas asalnya dari Austria. Over all SIPA ini keren lah. Tarian-tarian Indonesia nya juga keren nggak kalah dari negara lain. Aku enjoy banget sepanjang acara. Sayang foto pertunjukan yang lain tidak bisa di upload -maaf lupa nyimpen file nya. hehehe 😛

Openig SIPA 2011 —> ada Pak Jokowi

Menuju Keraton Solo

Itu di tanganku, pedoman perjalanan: Peta Solo. Huaaa udah kayak Dora bawa-bawa peta ke mana-mana.

Mesjid Agung, Semarang

Pasti pada tahu lah kalau mesjid ini pernah jadi lokasi syuting KCB.

Tiang Keren 🙂

. Selesai acara SIPA sekitar jam 2.00 AM, kita langsung menuju Stasiun Balapan. Karena dana yang terbatas dan masih banyaknya lokasi yang ingin dikunjungi -maruk- kita memutuskan untuk tidur di stasiun. Yes! Soalnya kita baru mau menuju Ambarawa dengan bus paling pagi. Kenapa kita memutuskan tidur di stasiun? Karena dirasa paling aman. Sekarang udah nggak bisa lagi tidur di stasiun soalnya kan tidak dizinkan selain penumpang masuk peron. Terus di stasiun juga ada kamar mandi buat kita mandi pagi. Tetep ya meski berpetualang harus menjaga kebersihan dan kecantikan dong.

Gerbong Tua di Museum Kereta Api Ambarawa

Aku lupa ini gerbong tahun berapa. Yang jelas tua lah, lebih tua dariku. Di Ambarawa ini ada juga kereta wisata, tapi aku tidak sempat mencoba karena tiketnya lumayan.

Kereta Kencana, Keraton Solo

[Edited] Salah satu sudut kota tua Semarang

Di Semarang, aku tak lupa mengunjungi Kota Tua, sepanjang jalan berjejer bangunan-bangunan tua yang eksotis, sayang tidak terlalu terurus. Banyak genangan air sepertinya bekas banjir. Hmmm…..Dan tidak lupa juga mengunjungi Lawang Sewu. Ternyata di sini ada bekas kamar Maria di film AAC. Lawang Sewu juga pernah dipakai syuting Merah Putih -kalau tidak salah-. Dan tentu saja sering jadi lokasi syuting acara mistis 🙂

See you in the next trip.